Selasa, 07 Desember 2010

Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataram terletak di Jawa Tengah, daerah pusatnya disebut Bhumi Mataram, dikelilingi pegunungan seperti pegunungan Sedayu, Gunung Prau, G. Sumbung, G. Ungaran, G. Merbabu dan sebagainya.
Keberadaan Kerajaan Mataram Kuno diketahui dari Prasarti Canggal. Di desa Canggal (Kedu). Terdapat sebuah maklumat dalam bahasa sansekerta, dibuat pada tahun 732 M. maklumat itu menerangkan bahwa seorang yang bernama Sanjaya (± 730) putra Sannaha mendirikn sebuah tempat suci dekat Muntilan. Di tempat suci itu ada sebuah lingga (tiang batu tanda penghormatan pada Syiwa). Sanjaya menyebut dirinya Rakai Mataram artinya yang menguasai Mataram.

Selain prasasti Canggal, adapula yakni Prasasti Balitung /Mantyasih (907 M) merupakan prasati tembaga yang dikeluarkan oleh Raja Diah Balitung, dengan tujuan sebagai hadiah tanah bagi 5 orang panglimanya di Mantyasih.
Berdasarkan prasasti mantyasih ditemukan silsilah raja-raja yang pernah memimpin kerajaan Mataram Kuno, diantaranya Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya, Sri Maharaja, Rakai Pikatan, Sri Maharaja Watukura Diah Balitung dan Sri Maharaja Rakaiwawa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar